Arsitektur Intel(R) MIC (Many Integrated Core – Inti Banyak Terpadu)

Intel MIC

Arsitektur MIC (Many Integrated Core / Banyak Inti Terpadu) Intel ® merupakan kombinasi dari banyak inti (Core) Processor ke dalam sebuah chip tunggal. Jenis processor ini diperuntukkan / ditawarkan kepada para pengembang-penembang dengan kentungan :

  • Arsitektur ini dapat berjalan sesuai standar, dengan peralatan pemrograman dan metode-metode yang telah tersedia.
  • Developer yang tertarik pada pemrograman core-core ini bisa menggunakan standar source code (Kode Sumber) C, C++, dan FORTRAN.
  • Source code program yang sama ditulis untuk produk Intel ® MIC dapat dijalankan dan dikompilasi oleh standar Prosesor Intel ® Xeon ®.
  • Model Pemrograman yang familiar (C, C++, dll) sehingga memungkinkan para Developer / Pengembang dapat berfokus pada masalah-masalah daripada rekayasa perangkat lunak.

xeon-phi-die-3-2.png.rendition.cq5dam.thumbnail.200.132

Beberapa penerapannya ialah pada pemetaan bumi dan citra satelit dalam aplikasi seperti Google Earth *. Menghasilkan gambar yang jelas dalam keadaan cahaya remang. “Backprojection” berbasis perhitungan Synthetic Aperture Radar (SAR) dapat mengambil gambar bumi di malam hari, menembus awan dan pohon, dan menyediakan informasi mengenai permukaan bumi yang diamati. Ia bekerja dengan mengumpulkan data dari radar pesawat yang berputar-putar pada suatu wilayah, kemudian berubah menjadi gambar melalui perhitungan intens /kompleks. Menggunakan prosesor Intel Xeon dan Intel Xeon Phi ™ coprocessor, Intel Labs dan lain-lain menunjukkan potensi untuk pengurangan lima kali biaya komputasi menggunakan “backprojection,” selain itu menyederhanakan pengumpulan data melalui pengoptimalan jalur penerbangan dan bentuk penargetan.

Sumber : http://www.intel.com/content/www/us/en/architecture-and-technology/many-integrated-core/intel-many-integrated-core-architecture.html

One thought on “Arsitektur Intel(R) MIC (Many Integrated Core – Inti Banyak Terpadu)

Tinggalkan Balasan